Thursday, April 18th, 2024

5 Makanan Jepang yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jepang

Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner yang sangat kaya dan bervariasi. Makanan Jepang terkenal dengan rasa dan presentasinya yang indah, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, tak heran jika wisata kuliner ke Jepang semakin populer di kalangan para pecinta kuliner di seluruh dunia. Selain itu, kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka terkenal dengan keanekaragaman kuliner yang dapat memenuhi keinginan dan selera dari semua orang. Dengan menjelajahi restoran-restoran, pasar tradisional, dan tempat-tempat makan lokal, para wisatawan dapat merasakan kekayaan kuliner Jepang yang autentik dan beragam. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern, Jepang menawarkan berbagai pilihan makanan yang tak dapat dilewatkan oleh para wisatawan kuliner yang berkunjung ke negara ini.

Dalam perjalanan wisata kuliner ke Jepang, sangat penting untuk menentukan makanan apa saja yang harus dicoba terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan pengalaman kuliner Anda dan merasakan berbagai makanan Jepang yang terkenal tanpa kebingungan. Selain itu, mengetahui makanan apa saja yang harus dicoba juga dapat membantu Anda merencanakan perjalanan kuliner yang lebih baik dan efisien. Hal ini juga dapat membantu Anda menghindari kekecewaan karena melewatkan makanan yang seharusnya dicoba saat berada di Jepang. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai 5 makanan Jepang yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jepang, sehingga Anda dapat merencanakan perjalanan kuliner Anda dengan lebih baik dan memuaskan.

Ramen

Ramen adalah salah satu makanan paling terkenal di Jepang dan menjadi hidangan favorit di seluruh dunia. Ramen berasal dari China dan diperkenalkan ke Jepang pada abad ke-19 oleh para imigran asal China. Sejak saat itu, ramen terus berkembang di Jepang dan menjadi salah satu makanan yang sangat populer di negara tersebut.

Jenis-jenis ramen yang terkenal di Jepang sangat beragam. Beberapa jenis ramen yang terkenal di antaranya adalah:

  1. Shoyu Ramen: Ramen dengan kuah kaldu yang terbuat dari kecap asin (shoyu) dan berwarna coklat. Shoyu Ramen biasanya disajikan dengan daging babi, menma (bamboo shoot), nori (rumput laut), dan daun bawang.
  2. Miso Ramen: Ramen dengan kuah kaldu yang terbuat dari pasta kedelai (miso) dan berwarna coklat kemerahan. Miso Ramen biasanya disajikan dengan daging babi, jagung, kecambah, dan daun bawang.
  3. Tonkotsu Ramen: Ramen dengan kuah kaldu yang terbuat dari tulang babi dan tulang sapi. Tonkotsu Ramen biasanya disajikan dengan daging babi, telur, nori, dan daun bawang.
  4. Shio Ramen: Ramen dengan kuah kaldu yang terbuat dari garam dan berwarna jernih. Shio Ramen biasanya disajikan dengan daging ayam, rumput laut, menma, dan daun bawang.
  5. Tsukemen: Ramen dengan kuah kaldu yang disajikan terpisah dari mie. Tsukemen biasanya disajikan dengan mie yang lebih tebal dari ramen, potongan daging babi, kecambah, dan daun bawang.

Setiap jenis ramen memiliki rasa yang unik dan berbeda-beda, dan setiap kota di Jepang juga memiliki varian ramen khasnya sendiri. Jadi, jika Anda berkunjung ke Jepang, pastikan untuk mencoba beberapa jenis ramen yang terkenal di sana dan merasakan kelezatan hidangan yang sangat populer ini.

Jepang memiliki banyak tempat makan ramen yang terkenal dan direkomendasikan untuk dicoba. Berikut ini adalah beberapa tempat terbaik untuk mencicipi ramen di Jepang:

  1. Ichiran Ramen (Fukuoka): Ichiran Ramen adalah jaringan restoran ramen yang terkenal di seluruh Jepang dan bahkan di luar negeri. Restoran ini dikenal karena ramen tonkotsu-nya yang lezat dan unik, serta suasana makan yang intim dan pribadi.
  2. Afuri Ramen (Tokyo): Afuri Ramen adalah restoran ramen yang terkenal dengan ramen shio-nya yang ringan dan segar. Restoran ini juga dikenal dengan varian ramen vegan-nya yang lezat.
  3. Tsuta Ramen (Tokyo): Tsuta Ramen adalah restoran ramen pertama di dunia yang mendapatkan bintang Michelin. Restoran ini dikenal dengan ramen shoyu-nya yang lezat dan berkelas.
  4. Nakiryu Ramen (Tokyo): Nakiryu Ramen adalah restoran ramen yang dikenal dengan ramen tantan-nya yang lezat dan pedas. Restoran ini juga terkenal dengan suasana yang ramah dan nyaman.
  5. Ippudo Ramen (Kyoto): Ippudo Ramen adalah jaringan restoran ramen yang terkenal di seluruh Jepang dan di luar negeri. Restoran ini dikenal dengan ramen tonkotsu-nya yang lezat dan bumbu khususnya yang khas.
  6. Rokurinsha Ramen (Tokyo): Rokurinsha Ramen adalah restoran ramen yang terkenal dengan varian ramen tsukemen-nya yang lezat. Restoran ini juga terkenal dengan kaldu ramen khususnya yang gurih dan nikmat.
  7. Menya Musashi Ramen (Tokyo): Menya Musashi Ramen adalah restoran ramen yang terkenal dengan ramen tsukemen-nya yang lezat dan bumbu kuah khususnya yang kaya rasa.

Itulah beberapa tempat terbaik untuk mencicipi ramen di Jepang. Namun, masih banyak lagi restoran ramen terkenal dan lezat di seluruh Jepang yang dapat Anda jelajahi saat berkunjung ke negara tersebut. Jangan lupa untuk mencoba ramen khas dari setiap kota yang Anda kunjungi, karena setiap daerah di Jepang memiliki varian ramen yang unik dan khas.

Sushi

Sushi adalah salah satu makanan Jepang yang paling terkenal di seluruh dunia. Sushi terbuat dari nasi yang dicampur dengan cuka beras dan dibentuk menjadi bola kecil atau gumpalan. Di atas nasi, biasanya diletakkan bahan seperti ikan mentah atau matang, daging, sayuran, atau telur. Berikut adalah sejarah dan beberapa jenis sushi yang terkenal di Jepang.

Sejarah Sushi: Asal mula sushi dapat ditelusuri hingga abad ke-7 di Jepang. Pada saat itu, orang Jepang mulai memanfaatkan nasi untuk membuat makanan yang disebut narezushi, yaitu nasi yang difermentasi bersama ikan atau daging dalam periode waktu yang lama. Pada abad ke-18, teknik pembuatan sushi modern ditemukan oleh Hanaya Yohei, seorang pedagang di Edo (sekarang Tokyo). Hanaya Yohei memperkenalkan gaya sushi yang disebut “Edomae sushi” yang menggunakan ikan segar dan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk membuat sushi.

Jenis-jenis Sushi:

  1. Nigiri Sushi: Nigiri sushi adalah jenis sushi yang paling umum dan dikenal di seluruh dunia. Nigiri sushi terdiri dari nasi yang dibentuk menjadi bola kecil dan di atasnya diletakkan irisan ikan mentah atau matang.
  2. Maki Sushi: Maki sushi terbuat dari nasi yang ditekan pada lembaran rumput laut yang disebut nori, kemudian diisi dengan bahan-bahan seperti ikan, sayuran, atau telur. Maki sushi biasanya dipotong menjadi potongan-potongan kecil sebelum disajikan.
  3. Temaki Sushi: Temaki sushi adalah sushi yang dibuat dengan cara menggulung nori dan nasi di dalamnya bersama dengan bahan-bahan seperti ikan, sayuran, atau telur. Temaki sushi biasanya dijadikan makanan finger food dan dimakan dengan tangan.
  4. Inari Sushi: Inari sushi adalah sushi yang dibuat dengan cara mengisi kantong dari tofu goreng dengan nasi dan bahan-bahan seperti ikan, sayuran, atau telur.
  5. Chirashi Sushi: Chirashi sushi adalah sushi yang disajikan dalam mangkuk dan terdiri dari nasi yang diberi topping ikan, sayuran, dan telur.

Itulah beberapa jenis sushi yang terkenal di Jepang. Setiap jenis sushi memiliki keunikan dan kelezatan yang berbeda. Jangan lupa untuk mencoba berbagai jenis sushi saat Anda berkunjung ke Jepang untuk mengalami kelezatan sushi secara langsung.

Jepang memiliki banyak tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mencicipi sushi yang otentik dan lezat. Berikut adalah beberapa tempat yang direkomendasikan untuk mencicipi sushi di Jepang:

  1. Tsukiji Fish Market, Tokyo: Tsukiji Fish Market adalah pasar ikan terbesar di dunia yang terletak di Tokyo. Di pasar ini, Anda dapat menemukan banyak toko sushi dan restoran yang menyajikan sushi segar dari ikan terbaik. Salah satu restoran yang terkenal adalah Sushi Dai, yang terkenal karena sushi segar dan lezatnya.
  2. Sushi Saito, Tokyo: Restoran sushi yang terkenal di Tokyo ini memiliki peringkat tiga bintang Michelin dan menawarkan sushi yang luar biasa dan segar. Sushi Saito hanya memiliki sepuluh kursi, jadi pastikan untuk memesan tempat jauh-jauh hari.
  3. Yoshino Sushi, Kyoto: Yoshino Sushi adalah restoran sushi yang terkenal di Kyoto, yang menawarkan sushi yang otentik dan berkualitas tinggi. Restoran ini memiliki suasana tradisional Jepang dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk membuat sushi mereka.
  4. Izuju, Osaka: Izuju adalah restoran sushi terkenal di Osaka yang telah beroperasi selama lebih dari 200 tahun. Restoran ini terkenal dengan Inari Sushi, yang terbuat dari nasi yang disajikan di dalam kantung dari tofu goreng.
  5. Sushi Daiwa, Tokyo: Restoran sushi yang terletak di pasar ikan Tsukiji ini memiliki peringkat tinggi di situs review kuliner. Restoran ini terkenal karena menyajikan sushi yang segar dan lezat dengan pelayanan yang ramah dan baik.

Itulah beberapa tempat terbaik untuk mencicipi sushi di Jepang. Pastikan untuk mencoba sushi dari tempat-tempat ini saat Anda berkunjung ke Jepang untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Takoyaki

Takoyaki adalah makanan ringan khas Jepang yang terdiri dari bola-bola tepung yang diisi dengan potongan gurita dan bahan lainnya, kemudian dibalik-balik hingga matang. Makanan ini berasal dari Osaka dan sekarang telah menjadi salah satu makanan jalanan yang paling populer di seluruh Jepang.

Takoyaki pertama kali diciptakan oleh seorang pedagang makanan bernama Tomekichi Endo di distrik Umeda, Osaka pada tahun 1935. Dia menciptakan makanan ini sebagai variasi dari makanan yang lebih tradisional bernama akashiyaki, yaitu bola-bola tepung yang diisi dengan udang.

Jepang memiliki banyak tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mencicipi takoyaki yang otentik dan lezat. Berikut adalah beberapa tempat yang direkomendasikan untuk mencicipi takoyaki di Jepang:

  1. Kukuru, Osaka: Kukuru adalah restoran takoyaki terkenal di Osaka yang terletak di dekat jembatan Ebisu-bashi. Restoran ini terkenal dengan takoyaki-nya yang lezat dan teksturnya yang kenyal.
  2. Wanaka, Tokyo: Wanaka adalah toko takoyaki yang terletak di Shibuya, Tokyo. Takoyaki yang dijual di sini terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan disajikan dengan berbagai macam saus.
  3. Takoyaki Juhachiban, Hiroshima: Takoyaki Juhachiban adalah toko takoyaki yang terkenal di Hiroshima. Takoyaki yang dijual di sini disajikan dengan saus yang unik dan teksturnya yang kenyal.
  4. Tamaya, Kyoto: Tamaya adalah restoran takoyaki yang terkenal di Kyoto. Takoyaki yang dijual di sini disajikan dengan saus yang manis dan gurih.
  5. Takoyaki Doraku Wanaka, Osaka: Takoyaki Doraku Wanaka adalah toko takoyaki yang terkenal di Osaka. Takoyaki yang dijual di sini terkenal dengan ukurannya yang besar dan isian gurita yang melimpah.

Itulah beberapa tempat terbaik untuk mencicipi takoyaki di Jepang. Pastikan untuk mencoba takoyaki dari tempat-tempat ini saat Anda berkunjung ke Jepang untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah makanan khas Jepang yang berasal dari daerah Kansai dan Hiroshima. Makanan ini terdiri dari adonan tepung, kubis, telur, dan bahan-bahan lainnya, seperti daging, makanan laut, atau sayuran, yang dicampur dan dibuat seperti pancake atau omelet. Setelah itu, okonomiyaki biasanya dilapisi dengan saus okonomiyaki yang manis dan gurih, mayones, katsuobushi (serutan ikan kering), dan rumput laut.

Nama “okonomiyaki” berasal dari kata “okonomi” yang berarti “pilihan” dan “yaki” yang berarti “memanggang” atau “menggoreng”. Ini mengacu pada proses pembuatan okonomiyaki di mana bahan-bahan yang dipilih oleh pembeli dicampurkan ke dalam adonan dan dipanggang atau digoreng di atas teppan atau hot plate.

Okonomiyaki adalah makanan yang sangat populer di seluruh Jepang, terutama di wilayah Kansai dan Hiroshima, dan sering dianggap sebagai makanan jalanan. Ada juga restoran okonomiyaki yang khusus menjual makanan ini, baik dalam bentuk yang tradisional maupun variasi modern. Okonomiyaki memiliki rasa yang lezat dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing orang, sehingga menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang Jepang dan turis asing yang berkunjung ke Jepang.

Jepang memiliki banyak tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mencicipi okonomiyaki yang otentik dan lezat. Berikut adalah beberapa tempat yang direkomendasikan untuk mencicipi okonomiyaki di Jepang:

  1. Okonomimura, Hiroshima: Okonomimura adalah sebuah kompleks restoran di Hiroshima yang terdiri dari 25 restoran okonomiyaki yang berbeda. Setiap restoran memiliki resep dan teknik pembuatan okonomiyaki yang unik, sehingga membuat pengunjung bisa mencicipi berbagai macam varian okonomiyaki.
  2. Mizuno, Osaka: Mizuno adalah restoran okonomiyaki yang terkenal di Osaka. Okonomiyaki yang dijual di sini terkenal dengan rasa yang lezat dan tekstur yang empuk.
  3. Kiji, Hiroshima: Kiji adalah restoran okonomiyaki yang terkenal di Hiroshima. Okonomiyaki yang dijual di sini terkenal dengan tumpukan lapisan yang empuk dan tebal serta saus okonomiyaki yang gurih.
  4. Sakura-Tei, Tokyo: Sakura-Tei adalah restoran okonomiyaki yang terkenal di Tokyo. Restoran ini menawarkan okonomiyaki dalam berbagai variasi, mulai dari okonomiyaki tradisional hingga varian modern yang lebih inovatif.
  5. Issen Yoshoku, Kyoto: Issen Yoshoku adalah restoran yang terkenal dengan okonomiyaki gaya Kansai di Kyoto. Okonomiyaki di sini disajikan dalam ukuran yang besar dan dilapisi dengan saus yang manis dan gurih.

Itulah beberapa tempat terbaik untuk mencicipi okonomiyaki di Jepang. Pastikan untuk mencoba okonomiyaki dari tempat-tempat ini saat Anda berkunjung ke Jepang untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Matcha

Matcha adalah bubuk teh hijau yang sangat halus dan kental, yang dibuat dari daun teh hijau yang tumbuh di kawasan penanaman teh yang teduh dan terlindung dari sinar matahari langsung. Proses pembuatan matcha dimulai dengan memilih dan memetik daun teh hijau yang paling muda, kemudian daun dijemur, dikeringkan, dan diolah hingga menjadi bubuk halus dengan mesin batu giling khusus.

Matcha biasanya digunakan untuk membuat minuman teh yang populer di Jepang, seperti matcha latte, matcha cappuccino, dan matcha smoothie. Selain itu, matcha juga sering digunakan sebagai bahan dalam kue dan makanan lainnya, seperti mochi, wagashi, dan es krim.

Matcha dikenal di seluruh dunia karena kandungan nutrisinya yang tinggi, termasuk katekin, yang merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan penuaan. Matcha juga mengandung kafein dan L-theanin, yang dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kecemasan. Karena khasiatnya tersebut, matcha banyak dijadikan sebagai alternatif sehat bagi kopi dan minuman energi lainnya.

Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk mencicipi matcha di Jepang:

  1. Uji, Kyoto: Uji adalah daerah penghasil teh yang terkenal di Jepang. Di sini, Anda dapat mencicipi matcha yang dibuat dari daun teh yang sangat berkualitas. Beberapa tempat di Uji yang terkenal antara lain Tsuen Tea, Itohkyuemon, dan Taiho-an.
  2. Nishio, Aichi: Nishio adalah daerah penghasil matcha terkenal di Jepang. Di sini, Anda dapat menemukan matcha yang sangat berkualitas dengan rasa yang khas. Beberapa tempat di Nishio yang terkenal antara lain Marukyu-Koyamaen dan Horii Shichimeien.
  3. Tokyo: Di Tokyo, ada banyak tempat untuk mencicipi matcha, mulai dari kafe modern hingga kedai tradisional. Beberapa tempat yang terkenal di Tokyo antara lain Nana’s Green Tea, Suzukien, dan Sakurai Tea Experience.
  4. Ujiie, Tochigi: Ujiie adalah daerah penghasil teh yang terkenal di Tochigi. Di sini, Anda dapat menemukan matcha dengan rasa yang khas dan aroma yang harum. Beberapa tempat di Ujiie yang terkenal antara lain Nakamura Tokichi Honten dan Iwamotoen.
  5. Shizuoka: Shizuoka adalah daerah penghasil teh yang terkenal di Jepang. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam jenis teh, termasuk matcha yang berkualitas tinggi. Beberapa tempat yang terkenal di Shizuoka antara lain Mariko Jinja, Takumiya, dan Kanbayashi Shunsho Honten.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *