Monday, May 20th, 2024

Mengenal Tradisi Hari Bersih-Bersih Rumah (O-Souji) di Jepang

Hari Bersih-Bersih Rumah (O-Souji) adalah tradisi yang sudah lama berlangsung di Jepang. Melalui artikel ini mari kita mengenal lebih dalam tradisi tersebut, bagaimana masyarakat Jepang mempraktikkannya, dan apa kesamaan antara O-Souji dengan cara membuat rumah bersih di Indonesia.

Apa itu Hari Bersih-Bersih Rumah (O-Souji)?

O-souji adalah tradisi hari bersih-bersih rumah di Jepang. Pada hari ini, semua orang di rumah akan bekerja sama untuk membersihkan seluruh rumah dari ujung ke ujung. Mulai dari ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan lainnya. Tidak hanya itu, O-souji juga dilakukan sebagai upaya untuk membasmi virus dan bakteri yang ada di rumah. O-souji biasanya dilakukan satu kali dalam setahun, di sekitar musim semi. Di banyak kota, O-souji juga merupakan bagian dari Hari Bersih dan Sehat.Ketika O-souji dilakukan, para penduduk biasanya akan menghabiskan waktu sepanjang hari untuk membersihkan rumah. Hal ini meliputi mengelap dinding, memindahkan furnitur, dan membuang sampah. Setelah itu, baru mereka beristirahat dan merayakan kebersihannya dengan makan malam bersama di rumah.

Sejarah Hari Bersih-Bersih Rumah di Jepang

Tradisi hari bersih-bersih rumah (o-souji) di Jepang berasal dari budaya samurai. Samurai adalah kelas pedangdut di Jepang yang mengikuti kodetama dan peraturan bushido. Salah satu kodetama samurai adalah “kebersihan”. Menurut bushido, seorang samurai harus selalu bersih agar siap untuk berperang kapan saja.

Oleh karena itu, mereka menjadikan hari bersih-bersih rumah sebagai ritual setiap bulannya. Ritual ini biasanya dilakukan pada tanggal 1 setiap bulannya atau pada hari pertama bulan sabtu. Pada hari tersebut, samurai akan membersihkan dan merapikan semua barang di rumahnya dengan sangat teliti.

Setelah peradaban Meiji, tradisi hari bersih-bersih rumah ini tertular ke masyarakat luas dan menjadi bagian dari budaya Jepang modern. Meskipun tidak lagi memiliki arti yang sama dengan zaman dulu, tradisi ini masih dilakukan hingga saat ini. Kebanyakan orang Jepang melakukan pembersihan rumah di awal bulan dengan menghabiskan setidaknya satu hari untuk mensucikan dan merapikan rumah mereka.

Cara Melakukan O-Souji

O-souji adalah tradisi hari bersih-bersih rumah di Jepang. Biasanya, orang tua dan anak-anak akan bekerja sama untuk membersihkan rumah dari ujung ke ujung sebelum perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina. Berikut adalah panduan singkat tentang cara melakukannya:

1. Persiapkan alat-alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Anda akan membutuhkan sikat, lap, sabun, dan air. Jika Anda ingin membersihkan dengan alat semprot, pastikan untuk menyediakan juga wadah untuk airnya.

2. Mulai dari ruangan tertinggi di rumah Anda dan turunlah perlahan ke ruangan bawah. Jika ada hal yang tidak dapat Anda sikat atau lap, gunakan semprotan air untuk membersihkannya. Selain itu, hindari menyentuh dinding atau furnitur dengan tangan kotor agar mereka tidak kotor juga.

  1. Setelah membersihkan dinding, lantai, dan furnitur, bersihkan jendela dan cermin. Anda dapat melakukannya dengan sikat yang lembut atau kain lap. Jangan lupa untuk membersihkan juga pohon Natal atau bunga mawar yang ada di rumah Anda.

    4. Setelah selesai, jangan lupa untuk mengembalikan semua perkakas ke tempatnya semula agar rumah Anda terlihat rapi dan bersih.

Manfaat O-Souji bagi Kesehatan

O-Souji adalah tradisi hari bersih-bersih rumah yang dilakukan di Jepang sebelum musim dingin dimulai. O-Souji berasal dari kata “oushuuchi” yang berarti “membersihkan” atau “mengusir nyamuk”. Tradisi ini telah ada sejak abad ke-12 dan masih populer sampai sekarang.

O-Souji bukan hanya untuk membersihkan rumah, tapi juga untuk meningkatkan kesehatan Anda dan keluarga. Melakukan O-Souji secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit, seperti flu dan pilek. Ini karena saat Anda membersihkan rumah, Anda juga membersihkan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Selain itu, melakukan O-Souji secara rutin juga dapat mencegah alergi debu rumah. Debu rumah mengandung bahan kimia yang dapat memicu alergi. Dengan membersihkan secara rutin, Anda akan mengurangi kontaminasi debu rumah dan mencegah alergi.

O-Souji juga dapat membantu Anda tetap waspada dengan polusi udara di luar. Saat melakukan O-Souji, Anda akan membersihkan jendela dan pintu untuk menjaga udara segar masuk ke rumah Anda. Mengatur ventilasi yang baik dalam rumah juga dapat membantu mengurangi polusi udara di luar. Melakukan kegiatan O-Souji tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga mental. Membersihkan rumah secara berkala akan membuat Anda merasa lebih tenang dan bersemangat untuk mulai hari dengan suasana hati yang baik.

Tips untuk Melakukan O-Souji

O-Souji adalah tradisi Hari Bersih-Bersih Rumah di Jepang. Biasanya dilakukan sebelum liburan atau perayaan, seperti Imlek atau Tahun Baru Cina. Tujuan dari O-Souji sendiri adalah untuk membersihkan rumah dari kotoran dan debu sehingga menjadikannya lebih bersih dan nyaman.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan O-Souji dengan efisien:

1. Lakukan semua pekerjaan rumah tangga yang biasa Anda lakukan setiap hari, seperti menyapu lantai, membersihkan meja, dan mencuci piring. Ini akan membuat kerja O-Souji Anda lebih mudah dan cepat selesai.

2. Buat daftar semua pekerjaan yang ingin Anda lakukan selama O-Souji. Ini akan membantu Anda untuk fokus pada apa yang ingin Anda capai dan tidak terlalu banyak bergerak secara acak.

3. Tugaskan setiap anggota keluarga untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan O-Souji dengan lebih cepat dan efisien. Anggota keluarga yang lebih tua dapat membantu anggota keluarga yang lebih muda dengan pekerjaan yang sesuai dengan usia mereka.

4. Jangan lupa untuk membersihkan kamar tidur Anda dan meletakkan barang-barang di tempatnya semestinya agar ruangan terlihat bersih dan rapi.

5. Buka jendela selama Anda bekerja agar udara di dalam rumah tetap segar dan bersih. Ini juga akan memungkinkan cahaya matahari masuk, sehingga akan membuat ruangan terasa lebih cerah dan bersih.

6. Lakukan O-Souji secara teratur dan Anda akan menyadari bahwa kerja O-Souji dapat dengan mudah diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat. Ini juga akan membantu Anda dalam menjaga rumah Anda tetap bersih dan rapi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *