Wednesday, July 24th, 2024

Apa saja 5 Produk Pertanian Jepang Terbaik?

Jika Anda pernah berlibur ke Jepang, Anda mungkin sangat menyadari obsesi negara tersebut terhadap makanan. Diberkahi dengan pasokan sumber daya alam yang melimpah, para petani Jepang telah mampu membudidayakan beberapa tanaman pokok paling populer di dunia. Dari melon dan nasi hingga kiwi dan kokum, produk pertanian Jepang terkenal akan nilai gizinya. Berikut adalah lima produk pertanian Jepang terbaik yang harus Anda ketahui:

Tahu
Tahu adalah salah satu produk pertanian terpenting Jepang. Ini digunakan sebagai pengganti produk susu dalam berbagai hidangan. Banyak orang Jepang mengkonsumsi tahu karena manfaat kesehatannya. Ada banyak jenis tahu, mulai dari tahu lunak, yang paling baik untuk membuat puding tahu dan makanan penutup, hingga tahu keras, yang paling baik untuk menumis dan membuat sup miso tahu. Jenis tahu umum lainnya adalah tahu sutra, yang terutama digunakan dalam makanan penutup dan untuk membuat es krim tahu Jepang. Tahu dibuat dengan mengental susu kedelai, yang biasanya dilakukan dengan koagulan yang berasal dari kultur bakteri yang dikenal sebagai “kedelai”. Koagulasi adalah langkah pertama dalam produksi tahu dan juga menghasilkan pembentukan zat tekstur. Kedelai kaya koagulan memiliki kandungan minyak yang tinggi, yang membuat tahu menjadi alternatif yang lebih sehat untuk produk susu. Selain itu, kedelai mengandung protein dalam jumlah tinggi, mineral makanan, vitamin dan serat. Mengingat banyaknya manfaat kesehatan yang ditawarkan tahu, tidak heran jika orang Jepang begitu berkomitmen untuk mengonsumsinya setiap hari.

Yuba (kulit tahu)
Jika berbicara tentang produk pertanian Jepang, tahu bukanlah satu-satunya yang berasal dari kedelai. Kedelai juga menghasilkan yuba, atau kulit tahu, yang mirip dengan alfoil yang ditemukan pada ikan. Produk ini terutama digunakan untuk membuat tahu, tetapi juga bisa dimakan sebagai makanan ringan atau dengan kecap. Yuba dibuat dengan membuang bagian putih kedelai setelah difermentasi. Biasanya disajikan polos atau dengan kecap. Yuba sangat bergizi. Selain kaya protein, ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik seperti zat besi, seng, mangan dan vitamin A, B6 dan C. Ini juga sangat rendah kalori, dengan hanya 25 kalori per satu porsi cangkir.
sejenis kacang-kacangan dari Jepang

Jika Anda tertarik dengan produk pertanian Jepang tetapi tidak terkesan dengan tahu atau yuba, produk berikut ini mungkin akan menarik minat Anda. Edamame adalah jenis kedelai yang dipanen saat masih dalam polong. Ini digunakan dalam banyak masakan Jepang, termasuk sup miso Jepang, tumis dan tahu edamame Jepang. Produk pertanian Jepang ini juga sangat populer di masakan Cina, Korea, dan Asia lainnya. Saat membeli edamame, Anda harus mencari polong yang tidak retak dan kacang yang sudah layu di dalamnya. Jika memungkinkan, pilih yang masih hijau atau hanya sedikit menguning. Saat direbus, edamame memiliki rasa yang renyah namun sedikit manis yang mirip dengan kacang hijau.

Umeboshi (Prem Asam Jepang)
Jika Anda pernah melakukan perjalanan ke Jepang, kemungkinan besar Anda akan menjumpai umeboshi dan Anda bahkan mungkin menyimpannya di lemari es di rumah. Produk pertanian Jepang ini adalah acar aprikot Jepang. Anda bisa memakan umeboshi langsung dari bungkusnya atau Anda bisa menggunakannya untuk menambah rasa pada masakan Anda, seperti nasi Jepang atau doria. Umeboshi kaya akan vitamin C, mangan, dan tembaga, yang penting untuk kesehatan yang baik. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, yang sangat membantu bagi orang yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang berkembang sempurna. Umeboshi juga rendah kalori, dengan hanya 60 kalori per satu aprikot utuh.

Teh Matcha
Tahukah Anda bahwa matcha, sejenis teh hijau, adalah salah satu produk pertanian terpenting Jepang? Teh populer ini sangat kaya energi dan telah digunakan oleh orang Jepang sebagai obat selama berabad-abad. Ada banyak produk matcha yang tersedia di pasaran saat ini. Anda bisa menemukan teh hijau matcha dalam bentuk bubuk, minuman, dan makanan ringan, serta dalam berbagai rasa, seperti cokelat matcha dan mangga matcha. Seperti produk pertanian Jepang lainnya, matcha juga sangat bergizi. Selain mengandung kafein, vitamin dan mineral yang tinggi, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan karena membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kagoshima Ginseng
Jika Anda pernah bepergian ke Jepang, Anda mungkin memperhatikan keberadaan ginseng. Produk pertanian Jepang yang populer ini juga dikenal sebagai ginseng Korea. Namun, itu bukan sejenis ginseng, melainkan sejenis tumbuhan. Ginseng adalah ramuan yang banyak ditemukan di Semenanjung Korea. Namun, yang membuat produk ini begitu istimewa adalah karena dibudidayakan di pulau Kagoshima, Jepang selatan. Ginseng bisa dikonsumsi sebagai suplemen, biasanya dicampur dengan asam amino. Ginseng kaya akan mineral seperti potasium, sodium dan kalsium. Ini juga merupakan sumber vitamin B dan C yang baik, yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

Makanan Pegulat Sumo
Apakah Anda mengetahui produk pertanian Jepang yang tidak berasal dari kedelai atau ginseng? Jika demikian, maka Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa salah satu produk pertanian terpenting Jepang adalah makanan pegulat sumo. Ini adalah sejenis ganggang yang dapat dimakan yang tumbuh di perairan Danau Biwa di Jepang. Ini adalah produk makanan laut yang populer dan biasanya disajikan dengan sushi. Makanan pegulat sumo kaya akan mineral seperti tembaga, kalsium, besi, seng dan mangan. Selain mineral, proteinnya juga sangat tinggi, yang membuatnya menjadi bahan yang sehat untuk sushi dan sashimi.

Produk Pertanian Jepang Mana yang Paling Populer?
Dari pembahasan di atas, jelaslah bahwa tahu merupakan salah satu produk pertanian Jepang yang paling diminati. Bahkan, itu dianggap sebagai makanan pokok di negara ini. Anda juga dapat mencoba produk pertanian populer Jepang lainnya, seperti yuba, umeboshi, matcha, kagoshima ginseng, makanan pegulat sumo, dan kiwi. Produk pertanian Jepang ini juga sangat bergizi sehingga ideal untuk dikonsumsi sehari-hari. Untuk membantu Anda mempersiapkan perjalanan Anda berikutnya ke Jepang, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman Anda sebagai turis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *