Wednesday, July 24th, 2024

Mengunjungi Destinasi Tersembunyi di Kyoto: Melihat Sisi Lain Kota Kuno Jepang

Kyoto adalah salah satu kota tertua di Jepang yang memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang luar biasa. Tidak heran jika Kyoto menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jepang. Namun, selain tempat-tempat wisata yang sudah terkenal seperti Kuil Kinkaku-ji atau Istana Nijo, Kyoto juga menyimpan destinasi tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan. Melalui artikel ini, kita akan mengunjungi beberapa destinasi tersembunyi di Kyoto yang memperlihatkan sisi lain kota kuno Jepang yang belum banyak diketahui. Mari kita jelajahi keindahan Kyoto yang lebih dalam dan menemukan keajaiban tersembunyi di kota ini.

Pendahuluan

Kyoto adalah salah satu kota tertua di Jepang yang terletak di bagian tengah Pulau Honshu. Kota ini menjadi pusat politik dan budaya selama lebih dari seribu tahun sebagai ibu kota Kekaisaran Jepang sejak zaman Heian pada abad ke-8 hingga akhir zaman Edo pada abad ke-19. Sebagai kota kuno, Kyoto memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang luar biasa. Di sini, kita dapat menemukan berbagai bangunan bersejarah seperti kuil, kuil Shinto, dan istana, serta beragam aktivitas tradisional seperti upacara teh, mengenakan kimono, dan mengikuti pelatihan beladiri kuno Jepang. Tidak hanya itu, Kyoto juga terkenal sebagai pusat seni dan kerajinan tradisional Jepang seperti keramik, seni bunga ikebana, dan sulaman tradisional Jepang. Oleh karena itu, Kyoto menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Jepang dan diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Destinasi Tersembunyi di Kyoto

Kyoto adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Jepang. Kota kuno ini terkenal dengan kekayaan sejarah dan budaya yang luar biasa. Meskipun banyak destinasi wisata populer seperti Kuil Kinkaku-ji atau Istana Nijo, ternyata Kyoto menyimpan destinasi tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Melalui artikel ini, kita akan mengunjungi beberapa destinasi tersembunyi di Kyoto yang memperlihatkan sisi lain kota kuno Jepang yang belum banyak diketahui.

  1. Arashiyama Bamboo Grove Arashiyama Bamboo Grove adalah hutan bambu yang terletak di sebelah barat Kyoto. Destinasi ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan jutaan batang bambu yang menjulang tinggi dan menghasilkan suara gemerincing yang khas. Destinasi ini mungkin tidak terlalu tersembunyi, namun banyak wisatawan yang hanya mengunjungi tempat ini sebentar karena waktu yang terbatas atau terlalu ramai. Oleh karena itu, kunjungan ke Arashiyama Bamboo Grove pada hari kerja atau di pagi hari sangat dianjurkan untuk menghindari keramaian. Selain itu, ada banyak tempat di sekitar Arashiyama yang layak untuk dikunjungi seperti Tenryu-ji Temple dan Togetsukyo Bridge.
  2. Tofuku-ji Temple Tofuku-ji Temple adalah salah satu kuil Buddha Zen terbesar di Jepang. Terletak di dekat Stasiun Tofuku-ji, kuil ini memiliki taman-taman yang indah dan pemandangan yang spektakuler saat musim gugur. Keindahan Tofuku-ji terletak pada keindahan warna-warni pohon-pohon maple yang berubah menjadi merah, oranye, dan kuning. Meskipun Tofuku-ji memiliki keindahan yang menakjubkan, tempat ini relatif sepi karena kebanyakan wisatawan lebih memilih untuk mengunjungi kuil-kuil lain seperti Kiyomizu-dera atau Fushimi Inari Taisha. Oleh karena itu, kunjungan ke Tofuku-ji Temple adalah pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan Kyoto yang tenang dan indah.
  3. Fushimi Inari Taisha Fushimi Inari Taisha adalah kuil Shinto terkenal yang terletak di kaki Gunung Inari di selatan Kyoto. Kuil ini dikenal dengan ribuan gerbang torii merah yang berjejer di sepanjang jalan setapak hingga ke puncak gunung. Meskipun Fushimi Inari Taisha adalah salah satu destinasi wisata populer di Kyoto, ada beberapa area di dalam kuil yang masih tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Misalnya, area Gunung Inari yang lebih tinggi dari gerbang torii yang terkenal. Di sini, kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan juga menikmati keheningan yang tenang.
  4. Nishiki Market Nishiki Market adalah pasar tradisional yang terletak di jantung pusat kota Kyoto. Pasar ini memiliki lebih dari 100 toko yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman khas Jepang seperti sashimi, sushi, matcha, wagashi (kue tradisional Jepang), dan masih banyak lagi. Meskipun pasar ini terletak di pusat kota, namun banyak wisatawan yang belum mengunjungi tempat ini karena lebih tertarik mengunjungi tempat-tempat populer seperti Kiyomizu-dera atau Kuil Fushimi Inari Taisha. Di Nishiki Market, kita dapat mencicipi berbagai hidangan tradisional Jepang dengan harga yang terjangkau dan mengamati kehidupan sehari-hari penduduk lokal.
  5. Kiyotaki Bamboo Grove Kiyotaki Bamboo Grove adalah hutan bambu yang terletak di bagian utara Kyoto. Destinasi ini seringkali disebut sebagai saingan Arashiyama Bamboo Grove karena keindahan yang mirip dengan destinasi yang lebih terkenal. Namun, Kiyotaki Bamboo Grove relatif lebih sepi dan masih tersembunyi. Pengunjung yang ingin merasakan keheningan dan ketenangan bisa mengunjungi destinasi ini dan menikmati suasana yang tenang dan damai.
  6. Kitano Tenmangu Shrine Kitano Tenmangu Shrine adalah kuil Shinto yang terletak di bagian barat Kyoto. Kuil ini didedikasikan untuk Tenjin, dewa pelindung belajar dan pengetahuan dalam agama Shinto. Kuil ini memiliki taman yang indah dan terkenal dengan festival plum blossom pada bulan Februari dan Maret. Meskipun destinasi ini tidak terlalu populer, namun pengunjung yang datang ke sini bisa merasakan suasana yang tenang dan menyenangkan.
  7. Kifune Shrine Kifune Shrine adalah kuil Shinto yang terletak di bagian utara Kyoto. Kuil ini terkenal dengan pemandangan yang indah dan tenang. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati jalan setapak yang indah dengan pemandangan alam yang luar biasa. Kuil ini juga memiliki banyak restoran yang menyajikan hidangan lokal seperti soba dan unagi.
  8. Ginkaku-ji Temple Ginkaku-ji Temple atau juga dikenal sebagai Silver Pavilion adalah salah satu kuil Zen terkenal di Kyoto. Kuil ini terkenal dengan taman yang indah dan pondok berlapis emas. Meskipun destinasi ini populer, namun pengunjung bisa mengunjungi tempat ini di pagi hari atau saat musim gugur untuk menghindari keramaian.
  9. Kamigamo Shrine Kamigamo Shrine adalah kuil Shinto yang terletak di utara Kyoto. Kuil ini memiliki arsitektur yang unik dan taman yang indah. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan keheningan yang tenang.
  10. Otagi Nenbutsu-ji Temple Otagi Nenbutsu-ji Temple adalah kuil Buddha yang terletak di pegunungan Arashiyama. Destinasi ini terkenal dengan patung-patung kecil yang unik dan lucu. Patung-patung ini dibuat oleh pengunjung kuil yang ingin memberikan persembahan kepada dewa-dewa Buddha. Kuil ini juga memiliki taman yang indah dengan pemandangan alam yang spektakuler.

Kesimpulan

Kyoto memiliki banyak destinasi tersembunyi yang bisa dijelajahi oleh wisatawan yang ingin melihat sisi lain dari kota kuno Jepang ini. Destinasi-destinasi ini memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi populer seperti Kiyomizu-dera atau Kuil Fushimi Inari Taisha, dengan suasana yang lebih tenang dan damai. Dari Nijo Castle yang indah hingga Otagi Nenbutsu-ji Temple yang unik, setiap destinasi memiliki daya tariknya sendiri-sendiri. Jadi, bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan Kyoto dari sudut pandang yang berbeda, destinasi-destinasi tersembunyi ini adalah pilihan yang tepat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *